oleh

Tokoh Masyarakat Cikampek Satukan Persepsi Untuk Perjuangkan Kabupaten Karawang Timur

TN86.com – Karawang

Alhamdulillah hari ini kamis, tanggal 9 Juli 2020 telah diadakan rapat konsolidasi antara panitia percepatan Daerah Otonomi Baru Kota Cikampek dan Kabupaten Karawang Timur untuk menyatukan persefsi dan menghasilkan kesepakatan bersama untuk memperjuangkan Kabupaten Karawang Timur.

Seorang pemerhati, Jayadi mengklaim Kabupaten Karawang Timur harus diwujudkan karena menurutnya sejarah awal pembentukan Karawang diproyeksikan kemudian hari untuk dipecah secara administrasi pemerintahan. 

“Terkait rencana pemekaran Kabupaten Karawang menjadi tiga wilayah termasuk Kabupaten Karawang Timur merupakan langkah yang sesuai dalam rangka mewujudkan harapan para pendahulu. Hal ini pernah tercatat dalam sejarah,” ucap Jayadi

Jayadi yang merasa sebagai warga Karawang, pemekaran wilayah Kabupaten Karawang tidak bertujuan melemahkan atau menghambat pembangunan Pemerintahan Daerah yang sudah berjalan yakni Kabupaten Karawang, tetapi keinginan untuk memekarkan wilayah hanyalah demi terwujudnya harapan para tokoh Karawang terdahulu.

“Maksud dan tujuan kami ingin memekarkan Karawang Timur menjadi kabupaten itu tidak ada unsur penghambatan kinerja Pemerintahan Kabupaten Karawang sekarang. Kami ingin melahirkan Kabupaten Karawang Timur mengingat Karawang Timur sudah layak untuk dijadikan kabupaten, karena persyaratan yang menyangkut kepentingan layaknya kabupaten di Karawang Timur sudah memadai,” ujarnya.
Selain itu menurut Jayadi bukan hanya Karawang Timur saja yang wajib dimekarkan namun berdasarkan sejarah bahwa Karawang itu diproyeksikan menjadi dua kabupaten dan satu kotamadya, yaitu Kabupaten Karawang Timur, Karawang Barat dan Kotamadya Karawang.
Menurut Jayadi, mau tidak mau, harus lahir Kabupaten Karawang Timur terlebih dahulu yang sudah menjadi ketentuan sejarah, kalau menurut istilah bahasa sunda itu 

“Nyukcuk jalur nu kapungkur mapay tapak nu baheula” atau melihat sejarah yang sudah lewat.

“Sehingga, kami sebagai generasi penerus Karawang yang ada di wilayah timur otomatis berusaha untuk melakukan upaya, sehingga Kabupaten Karawang Timur bisa terlahir, itu pun jika adanya ridlo Allah SWT yang menentukan, sesuai dengan pakem sejarah para org tua dulu,” ujarnya. ( Opik )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed