oleh

Sebut Pencabulan Delik Aduan, LBH Baruterang Sayap Putih DPD Karawang Propamkan Oknum Anggota Reskrim Unit PPA Polres Karawang

TN86.COM – Karawang

Lembaga Bantuan Hukum Baruterang Sayap Putih DPD Karawang melaporkan oknum anggota Reserse Kriminal Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (Reskrim Unit PPA) Polres Karawang ke Profesi dan Pengamanan (Propam) Polres Karawang, Senin (24/08/20).

Disampaikan oleh Tim Advokasi LBH Baruterang Sayap Putih DPD Karawang,  bahwa laporan itu berdasar atas temuan timnya karena adanya dugaan pelaku pencabulan berinisial R yang tertangkap tangan oleh warga, namun tidak diproses oleh Oknum Penyidik Unit PPA Polres Karawang.

Tim LBH Baruterang Sayap Putih menerangkan, sehubungan dengan tertangkap tangan dugaan pencabulan terhadap anak dibawah umur sebut saja Bunga yang masih berusia 15 tahun, tertanggal 19 Agustus 2020 dimana kejadian pencabulan tersebut terjadi di Lapangan Gemilang, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang.

“Selanjutnya pelaku dibawa ke Polsek Cikampek dan kemudian diserahkan ke Polres Karawang, namun pelaku kemudian dilepaskan lagi oleh pihak Polres Karawang Unit PPA. Bahwa kemudian LBH Baruterang Sayap Putih mendatangi Polres Karawang untuk menanyakan kejelasan tindak pidana pencabulan tersebut,” ucap Tim.

Sambung Tim LBH, karena adanya pernyataan dari Oknum Penyidik Unit PPA yang dinilai keliru dan tidak profesional, maka Tim LBH Baruterang Sayap Putih melaporkan hal tersebut ke Propam Polres Karawang.

“Setelah warga menangkap pelaku pencabulan, kemudian warga membawa pelaku ke Polsek Cikampek dimana pada saat itu wartawan dari Target News 86 dan tim juga ikut ke Polsek Cikampek,” sambungnya.

Selain itu, Tim LBH Baruterang Sayap Putih menjelaskan bahwa ketika warga membawa pelaku ke Polsek Cikampek salah satu warga yang enggan disebutkan namanya menanyakan kepada petugas jaga mengenai proses lanjutan pelaku, dan petugas jaga mengatakan bahwa kami (Pihak Polsek) akan menahan pelaku 1 x 24 jam, dan apabila tidak ada aduan dari pihak keluarga maka pihak Polsek Cikampek akan melepaskan pelaku.

“Bahwa hal tersebut tentu sangat mencederai penegakan hukum di NKRI,” tegasnya.

Setelah itu pada hari Kamis tanggal 20 Agustus 2020, sambung Tim LBH Baruterang Sayap Putih mendatangi Polsek Cikampek pada siang hari dan kemudian diarahkan di Polres Karawang karena pelaku sudah diserahkan di Polres Karawang.

“Kemudian kami Tim LBH Baruterang Sayap Putih mendatangi Polres Karawang sekitar pukul 19.00 WIB dan bertemu dengan Bapak Asep Dani di Unit PPA Polres Karawang,” ujar tim.

Sesampainya di Polres Tim LBH Baruterang Sayap Putih dikejutkan lantaran pelaku pencabulan tersebut tidak sedang ditahan di Polres, sementara itu menurut keterangan dari penyidik Unit PPA Polres Karawang Asep Dani bahwa tidak ada penahanan terhadap pelaku dikarenakan korban dan orang tua tidak mau melakukan BAP dan penuntutan.

“Menurut Penyidik Unit PPA perkara ini adalah delik aduan sehingga jika tidak ada pengaduan dari korban dan orang tua maka perkara ini tidak bisa diproses,” Katanya kepada Target News 86 seusai membuat laporan di Mapolres Karawang.

Lanjut tim LBH, ” Sangat disayangkan penyidik terlalu cepat memberikan pernyataannya tanpa melakukan follow up dengan mendatangi dan memberikan pemahaman kepada pihak korban dan orangtuanya ” Pungkas tim. ( Red )

( Red )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed