oleh

KPI Anserta Jati luhur, memiliki potensi Besar membangkitkan budaya ke arifan lokal

Targetnews86.com – Purwakarta,-

Kelompok Petani ikan Anserta adalah kumpulan petani lokal yang keberadaan nya sudah resmi secara hukum baik dari legalisasi perijinan termasuk kantor sekertariat yang berada di kampung Tarumasari RT 17/05 desa Jatimekar Jatiluhur Purwakarta, dalam rangka menyambut mapag cai (menyambut Air) kelompok tani ANSERTA menggagas acara yang di dukung oleh berbagai Fihak pemerintah daerah maupun pemerintah pusat termasuk salah satu musisi ternama yaitu Acil Bimbo pelantun lagu-lagu religius yang juga ikut menggagas gerakan ini yang bermoto “jaga lembur” Acil Bimbo hadir dalam kegiatan silaturahmi dengan para Petani yang langsung di sambut oleh ketua KPI Anserta beserta jajaran nya beserta tokoh petani lainnya pada Rabu 11/12/2019 bertempat di Lamping Tarumasari Desa Jatimekar Kecamatan Jati luhur , Purwakarta.

Tampak hadir dalam silaturahmi ini yaitu: M. Nana Munajat Dahlan( Budayawan JABAR ), Mas Gilang Kusumah Adi Pratama , dan Aang Zain Mazolat Pilar Jagat dari Cianjur.

Silaturahmy yang di gelar di lamping sekaligus membahas rencana untuk persiapan menjelang acara Kegiatan yaitu Gelar Budaya “Ngabengkat Mapag Cai Talaga Kahuripan Jatiluhur dan Sholawat Akbar” yang rencana nya akan di selenggarakan pada 28 Desember 2019.

Pada kesempatan nya Ketua KPI ANSERTA Taofik Hidayat yang lebih akrab di sapa kang Cepi menyampaikan kepada Awak media:
” kegiatan yang akan di gelar nanti adalah sebagai perwujudan rasa syukur kepada Tuhan YME ( Allah SWT ) atas Karunia – Nya, selain itu untuk menjalin Persatuan dan Kesatuan juga sebagai wujud nyata melestarikan warisan budaya dan ke arifan lokal karena kalau bukan kita siapa lagi, karna itu kami berharap agar semua elemen lapisan masyarakat terutama masyarakat sekitar waduk Jatiluhur agar berpartisipasi dan berperan aktif dalam kegiatan 28 DESEMBER nanti , karena Danau Jatiluhur ini Merupakan penghidupan dan Hajat hidup orang banyak , sehingga perlu dirawat dan di jaga kelestarian nya” jelas nya

Semetara itu kang Acil dan para tokoh yang hadir tampak sangat apresiasi serta mendukung rencana kegiatan mapag cai talaga kahuripan jatiluhur dan juga rencana nya akan menggelar sholawat Akbar, dalam Gerakan Jaga Lembur, Jaga Lingkungan dan Lestarikan Alam ,dengan Spirit membangun, semangat kebersamaan serta gotong royong.

Menurut Acil Bimbo memamparkan:
” gerakan Jaga Lembur juga memiliki arti menjaga Kampung Halaman yang mencakup berbagai aspek sosial budaya dan salah satu nilai nilai budaya yang harus di pertahankan karena pentingnya memelihara kampung halaman sendiri , tujuannya menerapkan kembali nilai-nilai luhur budaya dan kearifan lokal dan saya berharap dapat melahirkan konsep sesuai dengan potensi- potensi yang ada di wilayah Jatiluhur. ” ucap nya. (RID)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed