oleh

JPKP Desak Kajari Karawang Penuhi Janjinya

TARGETNEWS86.COM, KARAWANG,-

Sekretaris DPD Jaringan Pengawas Kebijakan Pemerintah (J.P.K.P) Kabupaten Karawang, E. Suryana mengatakan bahwa pihaknya bersama masyarakat anti korupsi tetap menunggu janji Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Karawang yang akan mengumumkan penetapan tersangka kasus korupsi pada hari ‘Anti Korupsi’ beberapa waktu lalu.

“Iya, kami bersama masyarakat anti korupsi masih menunggu realisasi janji Kajari,” tegas Suryana kepada targetnews.com, Kamis (22/12) kemarin.

Seperti diberitakan sejumlah media akhir-akhir ini, Kejaksaan Negeri (Kejari) Karawang menunda pengumuman penetapan tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi yang sedang ditangani di dua dinas instansi antara lain Dinas Pendidikan dan Dinas Pertanian Karawang.

Alasannya, Kejari Karawang belum menerima hasil audit dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Jawa Barat.

Padahal sebelumnya, pihak Kajari Karawang menjanjikan akan mengumumkan hal itu bertepatan dengan Hari Anti Korupsi sesunia, 9 Desember 2019.

“Sebaiknya Kajari Karawang tidak asal ngomong, sebagai aparat penegak hukum seharusnya mengedepankan fakta hukum saja,” tutur Suryana.

Ia mengkritisi SDM Kejari Karawang yang terkesan lamban dalam menangani kasus hukum.

“Kalau memang Kajari belum memegang fakta hukum, maka sebaiknya Kajari jangan dulu ngomong dan berjanji bakal ada tersangka korupsi yang akan dipublikasikan,” ungkapnya

Lanjut Suryana, ini baru perihal pengunduran waktu, kalau ternyata kelak kurang bukti atau tidak terbukti akan timbul masalah baru, dan kami tidak berharap, Kajari Karawang dianggap oleh masyarakat anti korupsi sedang bermain-main opini,” ungkapnya.

Kami akan tetap menuntut janji Kajari untuk segera merilis tersangka korupsi secepatnya, lanjutnya, kami berharap kepercayaan publik kembali tumbuh ke institusi Kejari Karawang.

“Saya khawatir kalau penegakan hukum tidak serius dilakukan Kejari Karawang, berdampak akan munculnya krisis kepercayaan publik kepada aparat penegak hukum, khususnya Kejari Karawang,” pungkasnya. Opik

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed