oleh

Diharap Proaktif Untuk Melengkapi Data Guna Mendapat Bantuan Pemerintah

TN 86 – PURWAKARTA

Bagi warga masyarakat yang perlu bantuan dari program Pemerintah silahkan mendatangi Desa atau Kelurahan setempat untuk mengajukan sebagai pemohon bantuan, untuk pihak-pihak terkait dituntut proaktif agar mendapatkan hasil data yang lengkap dan benar. Hal itu disampaikan Rahayuana Setiawan SPd, MM Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial
Dinas Sosial Kabupaten Purwakarta kepada TN 86, di ruang kerjanya, Rabu (29/4/2020).

Teknis pendataan dilakukan agar mendapatkan data warga yang akurat, petugas pendataan dari pihak desa terkait harus mendata kembali guna mengetahui secara langsung kondisi warga tersebut, setelah itu kemudian dilakukan Musyawarah Desa (Musdes) atau Musyawarah Kelurahan (Muskel), hal itu untuk menghindari bantuan pemerintah yang tidak tepat sasaran.

Berita acara hasil Musdes atau Muskel penting untuk disampaikan kepada pihak Dinas Sosial Kabupaten Purwakarta melalui Aplikasi SIKS- NG (Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation), kata Yuyun.

Data dari Dinas Sosial akan dipadukan dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), lalu data-data tersebut disampaikan ke Pusat Data Informasi Kementerian Sosial (Pusdatin) Republik Indonesia (RI).

Dari Pusdatin Kemensos, dikembalikan lagi ke Dinas Sosial untuk di buatkan Surat Keputusan (SK) Penetapan, yang di tandatangani oleh Kepala Daerah serta Kepala Dinas Sosial Kabupaten atau Kota, lanjut Yuyun.

Di Kementerian Kesehatan, data warga yang akurat berguna untuk Kartu Indonesia Sehat (KIS) atau Penerima Bantuan Tunai (PBI), di Kementerian Pendidikan berguna untuk Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan di Kementerian Agama berguna untuk Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Bantuan Siswa Miskin (BSM).

Kementerian ESDM berguna untuk Subsidi Listrik, sedangkan di Kementerian Sosial berguna untuk Program Keluarga Harapan (PKH) serta Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT). DTKS dengan Nomor ID berguna untuk penyaluran bantuan yang tepat sasaran bagi warga yang memerlukan.

“Up Date data secara aktif, lengkap dan akurat ke pihak Desa dan Kelurahan melalui Aplikasi SIKS-NG agar bantuan dari pemerintah segera terealisasikan. Mari semua pro aktif sesuai fungsi tugas masing-masing, agar pelayanan dan fasilitas yang tersedia lebih bermanfaat agar mendukung keluarga Indonesia lebih maju,” Ujarnya.

“Bagi petugas Kelurahan dan Desa yang belum paham baik keterangan secara teknis menghimpun data atau penyampaian melalui Aplikasi SIKS-NG, silahkan datang langsung ke Dinas Sosial. Komunikasi dan Koordinasi akan mempermudah pelayanan bagi warga untuk meningkatkan sumber daya tugas yang lebih maksimal dalam pelayanan, pungkasnya.” (Oka).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 comment

News Feed