oleh

Diduga Seorang Wanita Asal Cikalongsari Melakukan Poliandri

Sukron Makmun Suami Sah Enung Marwati

TN86.com – Banyusari – Karawang


 Diduga Poliandri telah dilakukan oleh seorang wanita asal Desa Cikalongsari bernama Enung Marwati (24) tahun istri sah dari seorang laki-laki bernama Sukron Mamun (27) tahun warga Dusun Nambo Desa Mekar Asih, Kecamatan Banyusari, Kabupaten Karawang,  Enung Marwati telah melakukan nikah siri dengan seorang laki-laki bernama Hayat Najiat (26) tahun warga Kampung Mekarsari, RT/RW 001/005, Desa Jayamukti, Kecamatan Banyusari, Kabupaten Karawang. 

Wartawan TN86 berhasil mengkonfirmasi Asnawi amil yang menikahkan keduanya, membenarkan bila pasangan Enung Marwati dan Hayat Najiat tersebut sudah melaksanakan pernikahan secara siri, ” benar pak mereka sudah menikah secara siri, saya yang menikahkannya juga karena mereka sudah tinggal serumah di rumah sang laki-laki, jadi kami saya bersama aparat Desa sepakat untuk menikahkan mereka berdua, perihal Enung masih bersuami saya tidak tahu karena pengakuan sang wanita dia sudah berstatus janda, ” ujar Asnawi dikediamannya di RT 001 RW 005 Desa Jayamukti, Kecamatan Banyusari, Kabupaten Karawang Jum’at 5/5/20.
Ditempat terpisah TN86 menemui Sukron Mamun suami sah dari Enung Marwati, “Benar sepulang istri saya bekerja di Arab Saudi langsung pergi meninggalkan saya dan putri kami saya tudak mengetahui bila istri saya sudah menikah secara siri dengan orang lain, ” kata Sukron.
 Bahkan lanjutnya, “sampai detik ini saya belum merasa telah menceraikan istri saya tersebut, ” tegasnya.

Berdasar kepada Undang – undang No.1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan Pasal 9 jo Pasal 3 : Seorang yang masih terikat tali perkawinan dengan orang lain tidak dapat kawin lagi, kecuali dikehendaki oleh pihak – pihak yang bersangkutan,  dan memperoleh izin dari pengadilan untuk seorang suami beristri lebih dari seorang.Balik lagi adapun ancaman suami atau istri yang terikat pernikahan secara sah dan kemudian menikah kembali tanpa izin atau secara diam – diam sebagaimana dimaksud Pasal 279 KUHP Ayat (1) Diancam dengan pidana penjara paling lama lima tahun.

Pasangan Enung Marwati dan Hayat Najiat akan segera TN86 konfirmasi terkait masalah ini, dan untuk pemberitaan selanjutnya. ( Hen )

( Hen )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 comment

  1. Cwe yg jdi tkw k saudi banyak yg kya gitu d daerah saya juga ada yg punya suami di kampung trus nikah lagi d arab sampe suaminya nyusul k kampung
    Saran saya punya istri jangan sampai d ijinin tuk jadi tkw…
    Kehodupan tkw d saudi saya tau banyak tentang hal hal yg tak wajar sperti ntu

News Feed