oleh

Buat SIM Bisa dari Luar Daerah. Inilah Penjelasan dari Polres Karawang

Targetnews86.com – Karawang.-

Kepolisian Resort Karawang giat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya layanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) berbasis jaringan (daring/online), Layanan SIM secara online menerima pemohon dari luar domisilinya sesuai yang tercantum di Kartu Tanda Penduduk.

Persyaratan utama dalam pembuatan atau perpanjangan SIM secara daring adalah KTP Elektronik (e-KTP).

Kasatlantas Polres Karawang AKP Bima Gunawan Jauharie melalui Baur SIM Aiptu Didin Saidin menjelaskan data kependudukan yang tercatat dalam e-KTP tersebut bisa diakses dan digunakan petugas kepolisian sebagai data dasar SIM.

“Masyarakat tetap bisa membuat SIM meski dari luar Kabupaten Karawang, termasuk dari luar provinsi,” terangnya kepada TN-86 di Kantornya, Kamis (23/12/19).

Untuk mengoptimalisasi pelayanan, jajarannya menambah jumlah komputer, kamera dan lainnya. “Fasilitas sudah tersedia semua,” tandanya.

Saidin mengingatkan, bagi masyarakat yang ingin membuat atau memperpanjang masa berlaku SIM-nya perlu memastikan nomor induk kependudukannya tercatat di data kependudukan nasional.

“Alur pembuatan SIM secara daring sebenarnya hampir sama dengan sistem sebelumnya,” ungkapnya.

Pertama, kata dia, pemohon mendaftarkan diri dengan melampirkan surat keterangan sehat dan e-KTP. Pemohon akan mendapatkan nomor registrasi apabila persyaratan lengkap khususnya data e-KTP yang sesuai saat dicek secara daring.

“Pemohon lalu mendapat nomor antrean berupa barcode (kode batang) yang digunakan selama proses ujian sampai mengambil SIM yang telah tercetak,” kata Saidin. Selanjutnya, masyarakat akan mengikuti ujian praktik dan teori secara komputerisasi.

Apabila dinyatakan lulus, pemohon diminta melakukan pembayaran lewat transfer. Pemohon membawa bukti pembayarannya untuk melakukan sesi foto dan mengambil SIM yang telah dicetak. “Kalau lancar tanpa antrean bisa kurang dari satu jam. Yang bikin lama kan antreannya,” terang Saidin.
(Surya)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed